Oktober 07, 2010

PENDIDIKAN ?

[forwarded from my Beloved TUMBLR]

okok para pendengar eh pembaca.Gue udah mulai rajin ngepost nih.Soalnya kan kalo udah nyemplung masa ga sekalian berenang ya kan?
Mau bahas apa ya?Pendidikan aja deh.Soalnya gue yg cendekia ini [haha] prihatin bet ama pendidikan kita yang makin ga karuan.
Sebagai orang yang terpelajar gue miris bet sama pendidikan kita yang makin ga mendidik dan malah bikin orang tambah UDIK,[wah ada rima nya]
misalnya apa ya?Hal kecil aja deh.Mulai dari guru yang ngerokok di kelas.Plis deh.Lo tau kan kalo guru tu seorang pengajar.En apa yang dia lakuin pasti ditiru ama muridnya.
Belum lagi guru guru yang sok sok gaul sama murid yang pake minta beliin rokok.Hadohh.
Pengalaman pribadi nya temen nih ya.Dia ketauan ngerokok.Di buku tata tertib,ketauan ngerokok itu udah bisa bikin lo putus sekolah alias DROP OUT.Tapi dengan modal ceban lo bisa tutup mulut tu guru "sok gaul" tadi pake sebungkus rokok.
Ada lagi guru yang mesum.Biasanya didominasi oleh guru olahraga.Yang "mengedepankan" pelajaran renang.Ironisnya [pengalaman pribadi] tu guru biadab pake misahmisahin anak cewe ama cowo.Udah tau kan tujuannya apa?Biar bisa leluasa mandangin body segarnya cewe cewe muda.Halah!!
Belom lagi gurunya alih alih mau ngajarin renang.Mulai deh tangan seorang "guru" bekerja dengan lincahnya buat grepe grepe-in muridnya.Siapa yang ga risih coba.Gue yang cowo aja gedeg abis!Enak banget tu "penjahat kelamin" bertopengkan "guru".
Renang juga bisa dijadiin senjata guru buat nyari duit.Lo pikir deh.Misalnya murid ada 300.Ga mungkin semuanya pada renang.En yang ga renang dapet dispensasi dengan membayar uang "titip renang" misalnya 10rebu.Lo kaliin aja!!!
Wuih.Itu baru guru olahraga doang.Kita intip KEPSEK deh.[pengalaman pribadi] tiap gue masuk ke ruangan kepsek yang Full AC,sang kepsek lagi asikasiknya ngaso.Haha ternyata ini kerjanya kepsek?Belum lagi gedung lab ato apalah yang dari jaman penjajahan pembangunannya GA KELAR KELAR! Dengan alasan "dana kurang" hello! Tunjangan nya lo beliin MOBIL BARU!Ya jelas kurang lah! Lo pikir dah,pengusaha aja belum tentu gontaganti mobil tiap bulan.Kok seorang KEPSEK bisa sih?
Sekolah gratis?Tai kucing! lo kira sekolah cuma dateng trus pulang kerumah? Mulai dari diri sendiri aja deh."papa,Temen temen udah pake BlackBerry semua.Masa aku masih pake hp senter?" yaaaah sekolah juga buat ajang GENGSI-GENGSI-an sobb!
Belum lagi tugas tugas yang dikasih guru.Emangnya gapake duit?Lagi lagi gue en elo harus samasama bilang "sekolah gratis?Tai kucing!"
Gue sampe skarang masih salut banget sama film Laskar Pelangi yang penuh dengan makna pendidikan.Apa yang dilakuin Lintang buat dapet "pendidikan dlm arti sebenarnya" itu benerbener bikin gue nyesek.Kita yang tinggal berangkat sekolah,kendaraan ada,duit jajan banyak,jalanan bagus,sekolah deket.Kok sampe sekolah masih cuma buat MAIN BOLA?Ato NGERUMPI? Ato buat gratis INTERNETAN di ruangan multimedia? Yang lebih parah,cuma buat BOLOS!!
Sekarang kita semua musti pahamin bener bener en renungkan arti dari "Pendidikan" banyak banget orang yang ga se"beruntung" kita buat dapetin pendidikan.Jangan cuma bisanya ngandelin duit mamah ato papah yang cukup buat 7turunan.Kalo lo nyasar di hutan lo mau bayar harimau buat nganterin lo ke perkampungan?NGACO!Hahaha mau makan apa lo di hutan?Kalo lo gatau kalo banyak bgt makanan d sekeliling lo garagara jarang buka buku?Mau ngandelin apa lo?iphone lo yang ga ada sinyal?Sekali lagi kita musti benerbener renungin arti pendidikan.Orang berpendidikan bisa dengan mudah bertahan hidup di situasi ekstrim.
Yaahh.Gue emang begini.Kalo udah ngebacot.Sok bener sendiri.Tapi gue yakin lo lo pada yang baca bisa sedikit sependapat sama bacot gue.
Jadi sobb,manfaatin Pendidikan yang lo dapet en yang lagi lo jalanin.Karena cuma itu MODAL lo buat masa depan.
Jangan peduliin sistem pendidikan kita yang makin ngaco,tenaga pengajar kita yang makin biadab.Karena maugamau guru tetep "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa".
Ambil sisi baik mereka,tapi JANGAN sekalikali ngelirik ke sisi kelamnya.
Gue sendiri nyesel kalo inget halhal yang gue lakuin selama sekolah.En gue pengen banget buat nebus semua waktu yang udah gue buang percuma waktu gue bolos,waktu gue smsan pas blajar,waktu gue ga ngumpulin tugas,waktu gue ngerumpi buat cengin guruguru.HAAAAH!!
But LATE is NOTHING.So,do your best!And you'll getting better in everything.

Eitss,baca post gue yang lain ya..
Gue harap lo suka ama bacot bacot gue.
:)

0 komentar:

Posting Komentar